Merancang Interior Kantor di Rumah
Merancang Interior Kantor di Rumah
Saat ini, pandemi Covid-19 masih menjadi kendala utama. Hal ini akhirnya berdampak pada berubahnya aktivitas dan mobilitas masyarakat. Nah, salah satunya yang paling terasa adalah pergeseran tempat kerja dari gedung perkantoran ke dalam rumah. Istilah ini sering disebut dengan WFH atau Work from Home.
Pada mulanya adaptasi ini tidaklah mudah. Banyak dari mereka yang akhirnya mencari cara untuk menciptakan ruang kantor yang nyaman di rumahnya. Nah, berikut ada beberapa hal penting yang tak boleh Anda lewatkan saat hendak membuat interior kantor di rumah Anda. Langsung saja, simak uraiannya di bawah ini!
-
Pilihlah Lokasi yang Jauh dengan Ruang Tamu
Pada dasarnya, membuat sebuah interior kantor di rumah mudah untuk dilakukan. Walaupun Anda harus mempertimbangkan sejumlah furniture yang akan dipakai serta pemilihan lokasinya. Nah, di sini Anda perlu memilih lokasi yang pas dan cocok untuk dijadikan ruang kerja Anda di rumah.
Agar terhindar dari suara bising dan gangguan aktivitas lain di rumah, ada baiknya Anda memilih lokasi ruang kantor yang jauh dari ruang tamu. Mengapa demikian? Hal ini lantaran ruang tamu merupakan ruang kumpul keluarga atau kerabat lainnya. Sehingga, hal ini bisa membuat Anda terganggu dan akan memecah fokus Anda.
-
Sesuaikan Furniture dengan Postur Tubuh Anda
Hal penting selanjutnya yang perlu Anda perhatikan dalam merancang interior kantor di rumah adalah memilih furnitur kerja yang akan dipakai. Di sini, Anda perlu menyesuaikannya dengan postur tubuh Anda. Nah, cara yang satu ini berguna untuk menghindari rasa sakit dan nyeri yang akan berpengaruh pada kesehatan tubuh.
Alternatifnya, pilihlah kursi kerja yang ergonomis dan nyaman ketika digunakan. Pemilihan dan penyesuaian kursi kerja ini bertujuan untuk menjamin kesehatan postur tubuh Anda. Jangan sampai Anda salah pilih kursi kerja yang justru malah membuat punggung Anda menjadi nyeri.
-
Gunakanlah Pencahayaan yang Cukup
Menggunakan keseimbangan cahaya yang tepat pada interior kantor Anda di rumah sangatlah penting. Apabila pencahayaan terlalu gelap atau terlalu terang, akan berisiko membuat mata cepat lelah lho! Nah, penggunaan cahaya alami adalah alternatif terbaik. Anda bisa membuat sistem pencahayaan yang dapat membuat sinar matahari masuk ke dalam ruang kantor Anda.
Jika tidak memungkinkan menggunakan cahaya alami, Anda bisa menggunakan cahaya buatan. Salah satunya adalah dengan menggunakan lampu meja. Gunakanlah lampu meja yang dapat disesuaikan ketinggiannya dan memungkinkan Anda untuk memfokuskan cahaya di tempat yang dibutuhkan.
-
Atur Suhu Ruang Kerja
Mengelola suhu interior kantor Anda di rumah sangatlah penting. Hal ini tentunya untuk menghindari suhu ruang yang terlalu panas atau terlalu dingin. Anda bisa mengelola status suhu tersebut dengan bantuan thermometer. Dengan bantuan alat ini, Anda bisa menyesuaikan suhu ruang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Apabila Anda membutuhkan suhu ruang yang berbeda, Anda bisa membeli AC ataupun pemanas ruangan. Tentunya, suhu yang baik dan sesuai dengan keinginan akan membuat Anda semakin nyaman bekerja di ruang kantor Anda. Sehingga, tidak akan menurunkan produktivitas Anda.
-
Jaga Kebersihan Ruang Kerja
Terakhir, adalah memastikan kebersihan interior kantor Anda. Hal ini perlu dilakukan agar ruang kerja di rumah tidak berantakan dan tetap terjaga kebersihannya. Untuk membersihkannya, Anda bisa melakukannya setelah maupun sebelum bekerja. Bersihkan setiap sampah yang ada, seperti kertas, botol minuman, ataupun sampah makanan ringan.
Tak hanya itu, Anda juga harus membereskan kembali barang-barang yang telah Anda pakai agar tidak berserakan. Perlu Anda ketahui, ruang kerja yang berantakan dapat mengurangi produktivitas dan membuat Anda sulit konsentrasi. Maka dari itu, jagalah kebersihan dan kerapian ruang kerja Anda.
Cukup simple kan menerapkan beberapa hal penting di atas ke dalam Merancang Interior Kantor di Rumah Anda?! Pokoknya, jangan lupakan hal-hal tersebut saat Anda hendak membuat ruang kantor untuk WFH Anda. Selamat mencoba!